Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Kesalahan Ketika Membeli Mobil Bekas yang Wajib Dicatat!

Mobil menjadi kendaraan yang dibutuhkan banyak orang guna menunjang aktivitas, seperti untuk transportasi ke tempat kerja. Untuk dapat memiliki mobil pribadi, dapat dilakukan dengan membeli mobil baru ataupun bekas yang kualitasnya tak kalah dengan kendaraan baru. Harga mobil bekas pun bervariasi dan jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan baru. 


Meskipun bekas, namun apabila Anda teliti dalam memilih pasti bisa mendapatkan kendaraan impian sesuai dengan yang diinginkan. Agar tak salah pilih, simak kesalahan-kesalahan berikut ini yang sebaiknya dihindari ketika akan membeli kendaraan second.



1. Tidak Bertanya Tentang Sejarah Kendaraan

Tak seperti mobil baru yang kondisinya dapat dipastikan sangat baik, mobkas pasti memiliki sejarah tersendiri dengan pemilik sebelumnya. Mungkin saja pernah terendam banjir, mengalami kecelakaan, ataupun mengalami hal lain yang dapat memengaruhi harga jual kendaraan. Untuk itu tanyakan sejarah mobil dengan mendetil, guna menghindari kerugian di kemudian hari. 


2. Tidak Memeriksa Catatan Servis

Kendaraan yang rajin dibawa ke bengkel oleh si pemilik untuk mendapatkan servis dan perawatan rutin tentu memiliki performa lebih baik. Sehingga bagus tidaknya kondisi mobil salah satunya dapat dilihat dari catatan servis di masa lalu. 


Untuk itu tak lupa untuk memeriksa catatan servis berkala, sehingga Anda dapat mengetahui komponen apa yang pernah diganti. Dengan begitu Anda pun dapat dengan mudah menilai performanya. 


3. Tidak Memeriksa Kondisi Mesin

Hal yang tak boleh dilupakan ketika membeli mobkas adalah memeriksa kondisi mesin. Namun tak sedikit calon pembeli justru kelupaan untuk mengecek komponen krusial satu ini, karena melihat eksterior dan interior yang masih baik. 


Untuk itu jika Anda tidak mengerti tentang mesin, tak ada salahnya untuk mengajak teman atau ahli yang paham tentang hal tersebut. 


4. Asal Memilih Tempat Pembelian

Kini terdapat banyak tempat penjualan kendaraan bekas dan baru, mulai dari showroom hingga melalui platform online. Sehingga kini para calon pembeli perlu berhati-hati dan teliti dalam memilih tempat jual kendaraan.


Salah satu marketplace terpercaya yang menyediakan beragam pilihan mobil bekas dan baru berkualitas adalah Seva.id. Marketplace besutan PT Astra Digital Internasional ini tak hanya melayani pembelian kendaraan baru dan bekas, namun juga menerima tukar tambah, booking service, asuransi, pembelian spare part, properti, hingga jasa keuangan. 


Harga mobil bekas Toyota di Seva.id pun bersaing, dengan beragam pilihan kendaraan second berkualitas dan telah teruji Pilihan Expert. Sehingga seluruh kendaraan telah diperiksa oleh para inspektor profesional, mulai dari eksterior, interior, hingga mesin.  


Rekomendasi Mobil Bekas Terbaru 2021

  • Toyota Agya 1.2 TRD M/T tahun 2018 Rp 132 jutaan
  • Toyota Avanza 1.5 Veloz M/T tahun 2016 Rp 165 jutaan
  • Toyota Yaris 1.5 S TRD A/T tahun 2016 Rp 185 jutaan
  • Toyota All New Kijang Innova 2.0 Q Reborn M/T tahun 2017 Rp 290 jutaan 


Itulah kesalahan-kesalahan ketika membeli mobil bekas. Dalam memilih kendaraan second jangan hanya berpatok pada harga mobil bekas saja, namun sesuaikan pula dengan kondisinya.

Post a Comment for "4 Kesalahan Ketika Membeli Mobil Bekas yang Wajib Dicatat!"