Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Melakukan Scaling Gigi Yang Sesuai Tindakan Medis Menurut SehatQ.com

Karang gigi merupakan lapisan yang terbentuk oleh bakteri dan sisa makanan pada mulut manusia yang mengeras dan biasanya menimbulkan bau yang kurang sedap. Karang gigi dapat menimbulkan penyakit periodontal yang menyerang jaringan pendukung gigi seperti gusi, dan tulang pendukung gigi. Sehingga, perlu dilakukannya tindakan medis melalui proses Scaling Gigi.


Scaling Gigi merupakan tindakan medis non-operasi yang dilakukan untuk membersihkan karang pada area sekitar gigi. Mungkin beberapa orang sudah pernah melakukannya, apakah kamu juga pernah? Jika belum, mungkin kamu perlu tahu apa itu Scaling Gigi, dan apa saja tips yang perlu diperhatikan sebelum melakukannya. 



Namun sebelum itu, kamu pasti bertanya-tanya seberapa buruk dampak yang akan kamu alami apabila karang pada gigi dibiarkan? Yuk simak pada penjelasan berikut. 


1. Dampak buruk Karang Gigi

Merawat kesehatan gigi dan mulut merupakan hal yang sangat penting, karena mulut merupakan pintu pertama masuknya asupan nutrisi yang kamu makan. Namun menggosok gigi tidaklah membersihkan keseluruhan area di dalam mulut, karena banyak jaringan dalam mulut yang tidak bisa di jangkau dengan cara menggosok gigi saja. Sehingga sisa makanan yang tertinggal menjadi sebuah karang gigi. 


Karang gigi merupakan lapisan yang keras dan dapat menimbulkan banyak dampak buruk. Salah satunya yaitu iritasi yang menyebabkan sariawan, atau bahkan penyakit lain yang merusak jaringan pendukung gigi. Selain itu, karang gigi juga menimbulkan bau yang tidak sedap. 


Karang gigi yang dibiarkan begitu saja dapat menyebabkan peradangan pada jaringan dalam mulut, seperti gusi yang mudah berdarah. Selain itu karang gigi yang terus menumpuk dapat mengakibatkan terkikisnya jaringan akar pada gigi, sehingga gigi dapat terlepas dengan sendirinya. 


Maka perlu dilakukannya tindakan medis yang rutin untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, salah satunya yaitu dengan melakukan Scaling Gigi. 


2. Apa itu Scaling Gigi.

Yang harus kamu tahu bahwa Scaling Gigi merupakan tindakan medis yang dilakukan untuk membersihkan karang gigi yang menyebar dan menumpuk. Proses tersebut dapat dilakukan dengan alat Scaling manual, maupun Ultrasonic Scaler. Tujuan Scaling Gigi yaitu untuk menghindari penyakit yang disebabkan oleh Karang Gigi, tentunya menjaga kebersihan gigi dan mulut. 


Namun, sebelum kamu melakukan Scaling Gigi, kamu perlu memperhatikan beberapa tips. Karena beberapa orang yang memiliki riwayat penyakit lain seperti diabetes dan tekanan darah tinggi memiliki penanganan khusus sesuai ketentuan dokter. melalui SehatQ.com kamu bisa mengakses berbagai informasi seputar kesehatan, salah satunya hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan Scaling Gigi.


3. Hal yang perlu diperhatikan sebelum Scaling Gigi.

Pada umumnya Scaling Gigi tidak memerlukan persiapan-persiapan khusus dan mengikat. Karena tindakan medis ini bukan proses yang beresiko tinggi. Namun ada beberapa yang memiliki riwayat penyakit tertentu perlu berkonsultasi, sehingga prosesnya berjalan sesuai dengan petunjuk dokter. 


Namun kamu tidak perlu bingung, karena SehatQ.com menyediakan segudang informasi seputar kesehatan yang kamu perlukan salah satunya adalah kesehatan gigi dan mulut. SehatQ.com merupakan perusahaan berbasis web yang dapat diakses kapan dan dimana saja. 


Selain itu SehatQ.com juga memiliki informasi yang sangat lengkap untuk membantu kamu merawat kesehatan gigi dan mulutmu.


Itulah beberapa ulasan tentang hal-hal yang perlu kamu perhatikan dalam melakukan tindakan medis dengan Scaling Gigi. Kamu juga bisa membaca informasi tentang kesehatan gigi dan mulut di artikel kami yang lainnya.

Post a Comment for "Tips Melakukan Scaling Gigi Yang Sesuai Tindakan Medis Menurut SehatQ.com"