Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mau Tampil Elegan di Acara Apapun? Kenakan Jenis Jas Pria Berikut Ini

Jas pria menjadi salah satu item busana penting bagi pria modern sampai hampir semua pria pasti memiliki setelan pakaian ini.

Jenis jas pun ada beberapa macam yang bisa digunakan untuk kesempatan berbeda.

Anda harus mengenali beberapa jenis jas berikut ini demi menghindari salah kostum saat menghadiri suatu acara mengenakan jas.



1. Single Breasted

Single breasted merupakan jas pria yang memiliki satu line kancing dengan opsi pilihan model berkancing satu, dua atau tiga.

Jas single breasted yang menggunakan satu kancing umumnya dipakai sebagai dinner jackets lengkap dengan dalaman rompi berkancing tanpa lengan dan kerah. 

Rompi yang dipakai bersama dengan jas single breasted lazimnya memiliki kerah bentuk “V” dan sudah menjadi satu paket dengan suit.

Bagian dalam rompi terbuat dari sutera sehingga terasa halus, lembut dan tidak panas.

Jas single breasted lebih disukai karena dianggap memiliki kesan tidak terlalu formal daripada jas double breasted.

2. Double Breasted

Jas double breasted biasanya memiliki dua garis kancing dengan empat hingga enam buah kancing serta tak memerlukan vent.

Double breasted atau Italian Style Suit cocok dipakai oleh pria tinggi sehingga tampak lebih elegan lengkap dengan padanan busana berupa dasi dan sapu tangan yang diselipkan di saku jas. 

3. Tuxedo

Bila Anda sering melihat acara red carpet atau pesta, tentunya tak asing lagi dengan jenis jas tuxedo. Jenis jas ini paling banyak dimiliki dan dipakai oleh para pria dibandingkan jenis suit yang lain.

Tuxedo banyak dipakai karena memberi kesan elegan dan formal sehingga sering dipakai di kesempatan formal.

Umumnya tuxedo berwarna hitam serta memiliki bagian yang menyerupai ekor di bagian belakang

 Jas ini sering dipadukan dengan kemeja berkerah sayap (wing collar) sebagai dalaman.

Tambahkan dasi kupu-kupu sehingga penampilan Anda lebih maksimal.

4. Dinner Suits

Dinner suits biasa dipakai ketika menghadiri jamuan makan malam atau pesta gala.

Jas model dinner suits memiliki ukuran yang pas di badan dan biasanya warnanya hitam meski tak menutup kemungkinan warna gelap lainnya seperti biru tua.

Sebagai pelengkap jas dinner suits, Anda bisa mengenakan dasi kupu-kupu.

5. Zoot Suits

Kalau Anda sering melihat film bertema Amerika zaman perang saudara, film tentang mafia Amerika atau film klasik, biasanya sering terlihat pemain film tersebut mengenakan jas jenis zoot suits.

Jas zoot suits awalnya berkembang di komunitas African Americans. 

Desain jas zoot suits tampak unik berbeda dengan jas lainnya dimana jas ini menggunakan model long coats, big lapels dan high waisted bahkan tak jarang pemakainya mengenakan topi fedora sebagai pelengkap.

Karena tidak semua postur pria cocok mengenakan model jas zoot suits, Anda harus mempertimbangkan dengan matang jika ingin memakainya.

6. Mandarin Suits

Jas mandarin suits adalah jas yang menggunakan kerah band collar atau Nehru collar.

Tidak seperti jas lain yang terkesan terbuka di bagian atas, mandarin suits justru terkesan tertutup dengan semua kancing dikancingkan.

Dengan begitu, kesan kurus, tajam dan elegan pun bisa didapat sehingga cocok dipakai ketika menghadiri pesta malam hari.

Bagaimana, sekarang sudah tahu kan jenis jas apa saja yang bisa Anda pilih untuk berbagai undangan pesta?

Hal lain yang tak kalah penting ketika memilih jas adalah menyesuaikan ukuran jas dengan ukuran badan serta merawat jas yang Anda miliki dengan baik agar tahan lama.

Post a Comment for "Mau Tampil Elegan di Acara Apapun? Kenakan Jenis Jas Pria Berikut Ini"