Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Ayla yang Wajib Anda Pertimbangkan Sebelum Membeli

Mengenal betul tentang kelebihan dan kekurangan mobil sebelum membelinya adalah hal yang wajib dilakukan oleh siapa saja. Tidak hanya akan membuat seseorang lebih paham dengan mobil yang akan dimilikinya, namun hal ini juga memudahkan konsumen untuk menyesuaikan mobil dengan kebutuhannya. Membeli Daihatsu Ayla contohnya.


Daihatsu Ayla merupakan mobil rancangan Daihatsu yang diproduksi oleh Astra Daihatsu Motor. Toyota juga menjual Ayla, namun lebih dikenal dengan Toyota Agya di Indonesia dan Amerika, sedangkan di Sri Lanka, Brunei, Vietnam, dan Filipina dikenal dengan Toyota Wigo. Mengingat angka penjualannya yang cukup tinggi, sebenarnya apa kelebihan dan kekurangan dari mobil ini? Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan ini.


Kelebihan Daihatsu Ayla



1. Tersedia varian CVT

Berbeda dengan LCGC yang lain, duet antara Daihatsu dan Toyota ini sukses memasarkan mobil dengan varian yang cukup komplet. Vartan tersebut bisa dari fitur maupun transmisinya. Salah satu yang lumayan banyak dicari masyarakat Indonesia khususnya di perkotaan adalah transmisi CVT yang membuat pengemudi akan terbebas dari rasa pegal, dan Daihatsu Ayla memiliki varian ini.


Untuk transmisi automatic, Daihatsu Ayla hanya tersedia pada tipe M dan tipe X saja. Untuk tipe D dan tipe D+ saat ini masih belum tersedia adanya varian sistem transmisi automatic. Varian ini tentu saja memberikan kemudahan bagi para pengemudi, apalagi jika setiap hari harus berkutat dengan jalanan yang padat dan macet.


2. Mesin yang cukup irit

Ada dua varian mesin dari Daihatsu Ayla, yaitu varian 1 liter dan 1,2 liter. Keduanya sama-sama menawarkan mobil dengan konsumsi bahan bakar yang cukup irit. Jika mobil ini hanya digunakan dalam kota saja, varian 1 liter sudah terbilang cukup dan sangat irit mesinnya.


Dilihat dari spesifikasinya, mesin varian 1 liter memiliki kubikasi 998 cc DOHC, 12 katup, dan 3 silinder. Mesin 1NR yang dimilikinya mampu menghasilkan tenaga hingga 65 Hp di putaran 6.000 rpm dengan batas maksimal torsi sebesar 85 Nm di putaran 3.000 rpm. 


3. Interiornya yang nyaman dengan fitur hiburan

Kelebihan berikutnya yang tak kalah menarik adalah interiornya yang begitu nyaman. Untuk kelas mobil LGCG, adanya fitur hiburan merupakan sebuah kemewahan tersendiri. Daihatsu Ayla dibekali dengan radio, MP3/CD/WMA, USB, dan AUX port. Dengan fitur tersebut, pengguna tidak akan merasa kesepian karena bisa menikmati musik favorit melalui gadget yang dibawa.


4. Spare part melimpah

Salah satu masalah bagi para pemilik mobil ketika terjadi masalah adalah kesulitan mencari spare part. Namun, sepertinya hal tersebut tidak akan dialami oleh pengguna Daihatsu Ayla. Nama besar Daihatsu sudah tidak perlu diragukan lagi dan kini sudah memiliki rantai suplai ke seluruh Indonesia. Baik bengkel resmi maupun bengkel umum, sebagian besar sudah memiliki spare part Ayla, dari yang asli sampai yang KW.


Kelemahan Daihatsu Ayla

Satu-satunya hal yang patut disayangkan adalah tidak semua tipe memiliki fitur yang merata. Daihatsu Ayla memang mempunyai varian yang cukup luas untuk menampung berbagai kebutuhan para konsumennya. Namun, konsekuensi dari hal tersebut adalah fitur terlengkap hanya terdapat pada varian tertinggi saja. Jadi, jangan terlalu berharap banyak jika membeli varian terbawah karena fiturnya tidak akan selengkap varian di atasnya.


Terlepas dari hal tersebut, Daihatsu Ayla tetap masih bisa menjadi pilihan utama Anda dalam memilih mobil yang tepat untuk keluarga. Apalagi dengan kelebihan-kelebihan di atas seperti mudahnya menemukan spare part, bisa dikatakan hal tersebut akan sangat membantu jika sewaktu-waktu terdapat masalah dan beberapa komponen harus segera diganti.

0 comments:

Post a Comment