Penyebab dan Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar dengan Microlax

Susah buang air besar adalah hal yang sangat mengganggu dan terkadang menimbulkan rasa sakit pada perut. Penyebabnya juga susah untuk diketahui dengan pasti. Namun, jangan khawatir karena saat ini sudah banyak obat beredar, salah satunya adalah Microlax. Harga Microlax yang cukup terjangkau tidak akan terlalu membebani dompet Anda. Setidaknya terdapat 5 penyebab susah buang air besar.


Penyebab Gangguan Susah Buang Air Besar



1. Mempunyai riwayat kesehatan tertentu

Kasus ini memang jarang terjadi namun juga bisa menyebabkan seseorang susah buang air besar. Gangguan ini bisa terjadi pada orang yang mengalami atau pernah mengidap penyakit tertentu seperti iritasi usus besar, kelebihan kalsium dalam darah, radang usus, kanker usus, diabetes, kurang aktifnya kelenjar tiroid, stroke, Parkinson, cedera tulang belakang, dan sebagainya.


2. Pengaruh dari gaya hidup

Gaya hidup yang kurang sehat bisa mengakibatkan berbagai macam gangguan kesehatan, salah satunya adalah susah buang air besar. Terlalu banyak mengonsumsi produk dari olahan susu dan pola makan yang berubah-ubah adalah sedikit dari beberapa hal yang bisa menyebabkan gangguan ini. Apalagi jika orang tersebut jarang berolahraga atau aktivitas fisik lainnya.


3. Sedang dalam masa kehamilan

Jika seseorang susah buang air besar di saat sedang mengandung, maka hal itu adalah wajar. Setidaknya ada 40% wanita hamil yang mengalami konstipasi atau gangguan buang air besar. Hal ini disebabkan karena saat dalam masa kehamilan, tubuh akan menghasilkan hormon progesteron lebih dari biasanya dan membuat otot mengendur yang membuat susah untuk buang air besar.


4. Pengaruh dari obat-obatan

Beberapa obat-obatan memiliki efek samping susah buang air besar. Beberapa diantaranya adalah suplemen zat besi, suplemen kalsium, antidepresan, obat pereda nyeri, obat epilepsi, morfin, dan lain-lain. Selain itu, obat seperti antidiare dan antasida juga bisa menyebabkan efek samping tersebut. Agar tidak semakin parah, rutinlah mengonsumsi air putih.


5. Menunda buang air besar

Jika Anda atau kerabat Anda memiliki kebiasaan menunda buang air besar, sebaiknya kebiasaan tersebut segera dihentikan. Mungkin ada beberapa alasan seseorang melakukan itu seperti jauh dari toilet, sedang dalam perjalanan, dan lain-lain. Namun, nyatanya hal itu justru akan berisiko menyebabkan susah buang air besar. Jadi, mulai saat ini, jangan pernah melakukan kebiasaan buruk tersebut.


Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar


1. Rutin minum air putih

Saat tubuh kekurangan air putih, maka ia akan mengambil cairan dari feses. Itulah yang menyebabkan feses akan susah dikeluarkan saat tubuh kekurangan air. Oleh sebab itu, selalu penuhi kebutuhan air putih harian Anda agar tidak mudah terkena gangguan ini. Dalam sehari, usahakan untuk mengonsumsi minimal 8 gelas air putih.


2. Tidak menunda buang air besar

Sebisa mungkin, ketika merasakan ingin buang air besar, jangan pernah menunda dalam waktu yang lama. Hal ini akan mengakibatkan Anda akan mengalami gangguan. Hal tersebut merupakan kebutuhan dari tubuh dan harus segera Anda lakukan.


3. Menggunakan obat khusus

Saat ini sudah banyak obat pencahar yang beredar di pasaran, salah satunya adalah Microlax. Cara menggunakannya juga cukup mudah, yakni dengan mengoleskan dengan pipa aplikator pada organ saluran pembuangan. Harganya juga terjangkau, yakni kisaran Rp22.000,00 saja dan bisa dibeli di Blibli.com.


Itulah tadi beberapa penyebab serta cara untuk mengatasi susah buang air besar. Meski tidak separah penyakit kanker, diabetes, atau lainnya, namun susah buang air besar sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

0 comments:

Post a Comment