Yuk Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Dengan Berjemur!

Berjemur di pagi hari dinilai merupakan waktu berjemur yang paling tepat, karena di pagi hari sinar matahari menghasilkan sinar ultraviolet yang akan menyentuh permukaan kulit lalu oleh tubuh diubah menjadi vitamin D. Vitamin D ini sangat penting karena mampu mendatangkan berbagai manfaat baik untuk tubuh. Selain itu, apa saja manfaat berjemur?

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Sistem kekebalan tubuh akan meningkat karena berjemur di bawah sinar matahari, hal ini terjadi lantaran kandungan vitamin D yang terdapat pada sinar matahari dapat membantu tubuh mencegah terjadinya infeksi dan juga membantu tubuh untuk melawan penyakit.

Meningkatkan Kualitas Tidur
Tak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, berjemur rupanya juga mampu meningkatkan kualitas tidur sehingga tidur Anda akan semakin nyenyak di malam hari.

Sinar matahari rupanya mengirimkan sinyal ke tubuh bahwa saat ini bukanlah malam hari, sehingga tubuh mampu mempertahankan suatu ritme sirkadian. Nantinya pada saat hari mulai gelap, tubuh dengan sendirinya akan merasa mengantuk ketika memasuki waktu tidur.

Mengurangi Depresi
Apakah Anda pernah merasakan depresi ringan ketika berada berjam-jam di kantor dan tidak pernah pergi keluar ruangan hanya untuk sekedar berjemur?

Depresi ringan ini dikenal dengan SAD atau Seasonal Affective Disorder. Sebuah studi membuktikan bahwa berjemur di bawah sinar matahari pagi dapat mengurangi stres, pasalnya sinar matahari akan memicu otak untuk melepaskan hormon serotonin. Hormon ini merupakan hormon yang dapat memberikan perasaan tenang dan mampu meningkatkan suasana hati.

Meningkatkan Kesehatan Tulang
Selain itu, manfaat berjemur di pagi hari yang paling terkenal adalah mampu meningkatkan kesehatan tulang. Vitamin D tak hanya bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh saja, namun juga mampu meningkatkan kesehatan tulang dan baik untuk merangsang penyerapan fosfor dan kalsium.

Jam Berapa Waktu Ideal untuk Berjemur?
Tak sedikit yang mengatakan waktu berjemur yang tepat adalah pukul 10 pagi, benarkah demikian?

WHO mengungkapkan, sinar UV matahari yang paling kuat adalah pukul 10.00-14.00. Anda perlu membatasi paparan sinar matahari pada jam-jam tersebut. Untuk itu Anda dapat berjemur di atas pukul 9 selama 10 sampai 15 menit. Namun di atas pukul 11, Anda cukup berjemur 3 menit saja karena UVB sudah mulai menurun.

Demikianlah penjelasan mengenai betapa pentingnya berjemur di pagi hari. Tak lupa ketika hendak berjemur, selalu gunakan tabir surya dan kacamata hitam, ya.

0 comments:

Post a Comment