Waspada! 6 Dampak Buruk yang Mengancam Jika Anda Kecanduan Gadget

Gadget adalah benda elektronik yang merupakan bagian dari perkembangan teknologi dan dapat menunjang aktivitas manusia. Gadget bermanfaat sebagai media hiburan, komunikasi, informasi, hingga sebagai gaya hidup manusia modern. Namun dibalik ragam manfaatnya, gadget rupanya juga mendatangkan dampak buruk bagi mereka yang kecanduan benda ini. Apa saja dampak buruknya?

1. Terpapar Radiasi
Gadget yang memiliki tingkat radiasi tinggi adalah smartphone. Efek radiasi dari smartphone tak main-main, bahkan dapat memengaruhi fungsi otak si pemakai. Karenanya, hindari penggunaan smartphone yang berlebihan. Selain itu hindari menempatkan smartphone terlalu dekat dengan tubuh Anda ketika tidur. 

2. Gangguan Pendengaran
Gadget memang kerap digunakan untuk mengisi waktu luang seperti mendengarkan musik, tak jarang pula orang-orang menggunakan headphone atau earphone ketika mendengarkan musik. Penggunaan headphone atau earphone dalam waktu lama rupanya dapat merusak sistem pendengaran, terlebih Anda memutar musik dengan volume kencang.

3. Gangguan Penglihatan
Selain gangguan pendengaran, penggunaan gadget yang berlebihan juga dapat menyebabkan gangguan penglihatan. Terlebih Anda menggunakan gadget di dalam ruangan yang pencahayaannya kurang.

Untuk itu hindari menggunakan gadget di ruangan gelap dan usahakan menggunakan gadget dalam posisi duduk. Posisi tiduran atau miring sangat tidak dianjurkan karena lama kelamaan dapat mengganggu penglihatan  Anda.

4. Kelainan Postur Tubuh
Ketika menggunakan smartphone, Anda cenderung berada pada posisi menunduk. Jika terlalu lama berada pada posisi ini, bukan tak mungkin Anda akan mengalami kelainan postur tubuh seperti bungkuk.

5. Sulit Tidur
Ponsel, tablet, maupun laptop rupanya mengeluarkan cahaya biru yang disebut dapat menganggu hormon alami tubuh seperti melatonin. Hormon tersebut dapat membantu seseorang untuk tertidur, sehingga jika terlalu sering memainkan gadget berdampak pada tubuh Anda yang sulit tidur karena proses melatonin akan terhambat.

6. Jari Jemari Menjadi Kaku
Terlalu sering menggunakan gadget untuk sekedarchatting atau berkutat di sosial media rupanya dapat membuat jari jemari menjadi kaku, karena jari jemari Anda diharuskan untuk terus bergerak. Untuk itulah istirahatkan jari dan tubuh Anda sejenak, jika sudah merasa lelah hentikan penggunaan gadget.

Rupanya Gadget Tak Hanya Smartphone

Mungkin tak sedikit yang mengira bahwa gadget hanya sebatas smartphone saja. Padahal, jenis gadget cukup banyak. Apa saja?
 Komputer
 Laptop
 Kamera digital
 Tablet
 Headphone atau Headset

Demikianlah dampak buruk yang bisa Anda rasakan jika terlalu sering menggunakan gadget. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment