Tips Yang Bisa Kamu Lakukan Agar Mesin Motor Tidak Cepat Panas

Selain mobil, motor juga bisa mengalami keadaan overheat, lho. Tentu saja hal tersebut sangat mengganggu. Padahal kamu juga sudah menggunakan oli berkualitas bagus agar kondisi mesin terjaga. Akan tetapi, mesin motor tetap mengalami overheat secara terus-menerus.

Tentu saja hal tersebut akan memberikan dampak buruk untuk kondisi mesin. Maka dari itu, kamu perlu melakukan beberapa hal berikut agar mesin motor tidak cepat panas. Beberapa tips di bawah ini bisa kamu lakukan untuk melakukan pencegahan overheat pada mesin motormu.

Mesin Motor Perlu Dipanaskan Terlebih Dahulu

Kamu harus membiasakan diri untuk memanaskan mesin motor terlebih dahulu sebelum digunakan untuk berkendara. Tak perlu terlalu lama. Kamu hanya perlu menyediakan waktu antara dua hingga tiga menit untuk memanaskan mesin motor. Ketika mesin motor sudah panas secara menyeluruh, hal itu akan membuat kondisi motor menjadi lebih siap untuk digunakan bepergian.

Oli Perlu yang Sesuai

Seperti yang telah sempat disinggung di awal artikel, memilih oli berkualitas baik adalah hal yang tepat untuk dilakukan. Oli yang baik akan membuat mesin motor menjadi lebih awet dan tidak cepat mengalami overheat. Jangan ragu jika tidak bisa memilih oli mana yang tepat untuk dipakai motor. Kamu bisa bertanya kepada pegawai atau pihak profesional untuk membantumu memilih oli yang tepat untuk motor.

Cairan Pendingin Juga Harus Selalu Diperhatikan

Cairan pendingin atau biasa disebut dengan water coolant adalah komponen lain yang tidak boleh luput untuk kamu perhatikan.Water coolant akan membantu mendinginkan atau menjaga suhu mesin agar tetap dingin ketika dipakai berkendara. Kamu harus rutin melakukan pengecekan. Bila diperlukan, kamu bisa mengganti water coolant sebelum menggunakan motor untuk perjalanan jauh.

Beberapa cara preventif di atas semoga bisa membantumu untuk menghindari kondisi overheat terjadi di motormu. Selain melakukan tips-tips di atas, tidak ada salahnya untuk membaca informasi otomotif lain yang bermanfaat untuk kebaikan mesin motor. Jika hal-hal preventif sudah dilakukan dan perawatan juga dikerjakan dengan maksimal, kondisi motor akan tetap terjaga.

0 comments:

Post a Comment