Ternyata Hal Ini yang Menyebabkan Mobil Terus Mengalami Overheat

Kamu pernah melihat peristiwa mobil terbakar? Salah satu alasan mengapa mobil bisa saja terbakar adalah karena kondisi overheat yang dialami mobil dibiarkan atau terjadi secara terus-menerus. Ada banyak sekali alasan mengapa mobil bisa mengalami overheat. Mobil overheat bisa saja terjadi karena oli yang dipakai tidak sesuai. Nah, di bawah ini akan dijelaskan alasan lain yang menjadi penyebab sebuah mobil mengalami overheat.

Radiator Mengalami Kerusakan

Kalau berbicara mengenai overheat yang terjadi pada mobil, salah satu komponen yang harus segera diperiksa adalah radiator. Radiator merupakan komponen dalam mobil yang memiliki fungsi sebagai pendingin. Apabila radiator mengalami kerusakan, maka proses atau pendistribusian dingin dalam mobil menjadi bermasalah. Ada banyak hal yang menyebabkan radiator mobil mengalami kerusakan. Salah satunya adalah karena saluran radiator tersumbat karena kotor.

Kipas Pendingin Tidak Berfungsi

Selain radiator, komponen dalam mobil lainnya yang berperan penting dalam penyebab sebuah mobil mengalami overheat adalah kipas pendinginnya yang tidak berfungsi secara normal. Kipas pendingin merupakan komponen yang membantu radiator untuk menyalurkan suhu dingin dalam mobil. Ketika kipas pendingin mengalami masalah, maka suhu dalam mobil juga akan mengalami kendala.

Bahan Bakar yang Tidak Sesuai

Selain karena memakai oli abal-abal, penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dengan kebutuhan mesin mobil juga akan mengakibatkan overheat terjadi. Tiap mobil membutuhkan kandungan oktan yang berbeda. Apabila oktan dalam bahan bakar yang dipakai tidak sesuai atau tidak memenuhi kebutuhan mobil, maka hal itu akan menyebabkan masalah dalam mobil. Knocking akan terjadi dan apabila hal tersebut terus terjadi, overheat tidak bisa dihindari lagi.

Jika kamu sudah mengetahui alasan mengapa overheat terjadi, kamu bisa menggunakannya untuk melakukan pencegahan. Selalu perhatikan penggunaan oli dan bahan bakar. Selain itu, pastikan untuk merawat tiap komponen mobil agar komponen-komponen tersebut bisa berfungsi secara maksimal. Kamu juga bisa menghubungi tenaga profesional untuk ikut merawat kondisi mesin mobil yang kamu miliki.

0 comments:

Post a Comment