Memilih Peralatan Olahraga Pemula di Toko Alat Olahraga

Tidak semua orang memiliki kesempata pergi ke gym setiap hari, bahkan seminggu sekali pun mungkin tidak terlangsana karena berbagai macam alasan. Pada akhirnya, kamu pun jadi malas berolahraga gara-gara tidak menemukan waktu yang tepat untuk ng-gym.

Padahal, sebenarnya kamu bisa tetap melakukan olahraga seperti fitnes, yoga, dan lain sebagainya di rumah saja. Supaya lebih maksimal, kamu bisa membeli alat-alat olahraga sederhana untuk latihan di rumah. Toko alat olahraga pun bisa ditemukan secara online, di marketplace, sosial media, dan website.

Peralatan Olahraga untuk Pemula


1. Skipping rope
Olahraga paling mudah di rumah adalah melakukan skipping atau lompat tali. Selain mudah, peralatan yang dibutuhkan juga hanya sebuah tali skipping yang murah meriah. Meskipun terlihat seperti melompat-lompat saja, tapi ada banyak manfaat dari melakukan skipping, salah satunya untuk meningkatkan kebugaran jantungmu. Lompatan yang dilakukan terus menerus juga akan membuat otot kakimu menguat. Bagi yang ingin menurunkan berat badan dengan membakar lemak, skipping salah satu olahraga yang direkomendasikan. Namun, jika kamu masih pemula, sebaiknya lakukan perlahan-lahan dan tingkatkan intensitasnya tiap hari.

2. Resistance band
Resistance band juga merupakan salah satu alat olahraga yang cukup mudah digunakan. Kamu cukup merentangkan seutas tali dengan kedua tangan secara terus-menerus. Kelihatannya mungkin mudah, tetapi karet elastis pada resistance band memiliki kelenturan yang berbeda-beda. Semakin elastisisnya tinggi, tali pun makin sulit dibentangkan. Namun, peralatan yang satu ini sangat membantu menguatkan otot tangan dan lengan karena harus menarik-narik tali dengan sekuat tenaga.

3. Dumbbell
Barbel atau dumbbell biasanya digunakan oleh orang-orang yang ingin membentuk sekaligus menguatkan otot lengan dengan baik. Seringkali barbel dijadikan pengganti alat angkat beban yang besar-besar di tempat gym. Ukuran dan berat dumbbell berbeda-beda, mulai dari 0.5 kg saja, sampai 10kg. Namun, jika kamu masih sangat pemula dengan olahraga angkat beban, sangat direkomendasikan untuk berlatih dari bobot paling ringan.

Mengulang-ulang gerakan dengan barbel di tangan akan sangat membebani otot jika untuk pemula, sehingga disarankan melakukan dengan barbel paling ringan. Jika sudah terbiasa dengan satu bobot barbel, kamu bisa menaikkannya secara bertahap. Hal ini akan lebih baik daripada langsung menggunakan barbel 10kg padahal masih pemula, risiko cedera akan sangat tinggi jika seperti itu.

4. Bola Fitness
Bola yang satu ini meskipun bentuknya hanya seperti bola besar biasa, tapi sangat multiguna. Bola ini dapat digunakan untuk segala usia dan berbagai macam jenis olahraga. Bisa juga untuk ibu hamil dengan kebutuhan olahraga tertentu. Kamu dapat memakai bola fitnes untuk melatih keseimbangan, membentuk postur tubuh, meningkatkan kekuatan, berlatih kardio, hingga meningkatkan fleksibilitas tubuh supaya jadi lebih lentur.

5. Ketel
Beberapa orang mungkin belum familier dengan alat olahraga satu ini. Disebut ketel karena memang bentuknya mirip ketel, yaitu sebuah bola dengan pegangan di atasnya dan bagian bawanya datar sehingga bisa diletakkan di lantai. Penggunaan ketel bisa macam-macam, bisa untuk angkat beban, diayun-ayunkan, atau juga bisa digunakan untuk membantu kamu melakukan plank atau push up. Alat ini sangat berguna untuk menguatkan otot tubuh bagian atas maupun bawah, tergantung cara penggunaannya.

6. Matras
Matras juga menjadi salah satu alat olahraga yang serbaguna. Meskipun tidak secara langsung digunakan untuk tubuh, tapi matras bisa menjadi alas untuk latihan push up, senam, yoga, dan berbagai macam jenis olahraga lainnya. Perbukaan yang halus tapi mencengkeram lantai dapat mengurangi risiko kamu terpeleset atau terbentur lantai secara langsung.

0 comments:

Post a Comment