Bahaya yang Timbul apabila Radiator Mobil Kekurangan Air

Masalah yang cukup rumit akan muncul apabila radiator mobil kekurangan air, salah satunya adalah kerusakan pada bagian mesin. Oleh sebab itu, pengecekan rutin pada cadangan air dalam radiator perlu dilakukan, dan kondisi lain seperti bagian penutup atau sambungan selang. Hal tersebut merupakan jenis perawatan rutin pada motor yang tidak boleh diabaikan.

Penyebab Radiator Kekurangan Air


• Tutup radiator tidak rapat
Saat akan mengendarai mobil, pastikan bagian radiator sudah tertutup dengan rapat. Apabila ternyata tidak tertutup dengan rapat, maka akan mengakibatkan air yang tersimpan di dalamnya menguap dengan cepat sehingga menyebabkan radiator menjadi kering. Itulah mengapa memeriksan kondisi kendaraan sebelum digunakan sangat penting mengingat kesalahan sekecil apapun dapat berpengaruh pada performa kendaraan.

• Selang radiator sobek
Selain air yang menguap melalui bagian atas, berkurangnya air pada radiator dapat disebabkan oleh selang yang robek sehingga air menetes. Kebocoran tersebut apabila tidak terdeteksi dalam waktu lama, maka akan membuat radiator kehilangan volume air. Selain selang yang sobek, kebocoran juga dapat disebabkan oleh klep pada radiator yang rusak.

Masalah yang Disebabkan oleh Kurangnya Air


• Overheat
Sudah diketahui secara umum bahwa air pada radiator berfungsi untuk menjaga kestabilan suhu mesin mobil sehingga tidak mengalami panas yang berlebihan atau overheat sekalipun digunakan untuk perjalanan jauh. Jadi, dapat dipastikan apabila kekurangan air, maka proses pendinginan mesin akan lambat yang ujung-ujungnya justru membuat suhu semakin naik melebihi batas normal.

• Suara berisik pada mesin
Walaupun dapat disebabkan oleh faktor lainnya, namun salah satu penyebab suara berisik dan aneh pada mesin adalah berkurangnya air pada radiator. Jadi, apabila Anda mendengar suara yang tidak biasa dari mesin, maka segera periksa apakah indikator ketinggian air pada radiator berkurang drastis atau tidak. Selain mengganggu, apabila dibiarkan, maka akan berdampak buruk pada mesin.

Tidak bisa ditampik bahwa cairan pada radiator berperan penting dalam menjaga performa kendaraan agar tetap optimal. Dari kesalahan yang kecil saja dapat menimbulkan masalah yang rumit bagi komponen lain. Tips untuk mengatasinya adalah dengan menambahkan air hingga mencapai batas ketinggian, dan juga mengganti oli karena dampak overheating dapat merusak daya pelumasannya.

0 comments:

Post a Comment