Mesin Mobil Overheat saat Perjalanan, Ini yang Harus Dilakukan!

Penyebab mesin mobil overheat secara umum adalah cairan pendingin yang bermasalah. Apabila terjadi kebocoran, misalnya, maka otomatis cairan akan keluar sehingga harus benar-benar dicek pada bagian mana kebocoran tersebut.

Selain itu, penyebab lain adalah saluran yang tersumbat atau kekurangan oli. Apabila tiba-tiba mesin mengalami overheat saat di jalan, maka terdapat beberapa cara yang harus dilakukan.

Apa yang Harus Dilakukan saat Mesin Overheat dalam Perjalanan? 


1. Matikan dan buka kap mobil
Apabila tanda-tanda overheat pada mesin mobil terlihat, maka langkah paling awal yang harus dilakukan adalah segera mematikan mesin. Apabila mesin dibiarkan menyala maka akan mengalami kerusakan. Setelah itu, coba bukalah kap mobil untuk melepaskan udara panas di dalamnya. Jangan lupa gunakan sarung tangan atau kain saat membukanya karena tuas kap cenderung panas. 

2. Hindari membuka tutup radiator
Perlu diperhatikan bahwa pengecekan radiator mobil memang perlu saat sedang overheat, namun hal yang tidak boleh dilakukan adalah membuka tutup radiator. Alasannya karena saat tutup dibuka maka akan uap bertekanan tinggi terlepas, dan akan menyebabkan luka bakar pada permukaan kulit apabila terkena. Oleh sebab itu, jangan gegabah membukanya yang justru akan mencelakakan diri sendiri. 

3. Periksa cadangan air dalam radiator 
Langkah selanjutnya yang dianjurkan adalah memeriksa cadangan air melalui indikator ketinggian air. Apabila, air ternyata kurang maka segera tambahkan air pendingin hingga menyentuh batas maksimal. Namun, hal tersebut hanya dapat diaplikasikan pada mobil dengan tabung cadangan air. Apabila tidak, maka mau tidak mau harus menunggu sampai mesin mendingin. 

4. Memanggil bantuan bila perlu 
Selain kedua cara sebelumnya, Anda juga harus jeli memperhatikan apakah ada tetesan air yang terus menerus muncul pada bagian bawah mobil. Apabila hal tersebut terjadi, maka kemungkinan besar radiator mobil Anda bocor atau mesin mobil rusak. Cara terbaik adalah segera menghubungi servis mobil terdekat sehingga dapat menangani dengan peralatan yang lengkap.

Saat mesin mengalami overheat dalam perjalanan, maka segera pinggirkan mobil ke sisi jalan yang aman dan lakukan hal-hal yang sudah disebutkan. Jangan sampai mengabaikan dan terus melanjutkan perjalanan karena akan berakibat buruk pada komponen mesin. Bisa-bisa mesin akan jebol dan mengalami kerusakan yang lebih parah. 

0 comments:

Post a Comment