Merawat Motor Matic agar Tidak Sering Masuk Bengkel

Motor matic banyak dipilih karena hanya mengandalkan gas dan rem saja. Selain itu, bagi masyarakat perkotaan yang akrab dengan kemacetan, motor matic menjadi pilihan terbaik agar dapat melakukan manuver dengan lincah. Desain motor matic yang bervariasi pun menjadi alasan lain banyak yang menggunakannya. Namun, agar lebih awet maka perlu memperhatikan cara dalam merawat motor matic.

Cara Merawat Motor Matic agar Berumur Panjang


1. Memanaskan mesin secara rutin
Jangan menyepelekan pemanasan mesin motor karena hal tersebut penting untuk menjaga oli bekerja secara maksimal melumasi seluruh komponen motor. Pemanasan harus dilakukan setiap hari baik saat motor akan digunakan ataupun tidak. Durasi yang diperbolehkan hanya sekitar 3 hingga 5 menit, jangan sampai lebih karena dapat berdampak negatif pada komponen lain pada motor.

2. Melakukan servis secara berkala
Apabila memanasi mesin termasuk perawatan motor secara harian, maka servis adalah jenis perawatan motor secara bulanan, lebih tepatnya 2 bulan sekali. Namun, apabila tingkat pemakaian cukup tinggi, maka servis sebaiknya dilakukan 1 bulan sekali. Disarankan untuk melakukan servis pada bengkel resmi sesuai dengan merk motor Anda agar lebih menjanjikan dan mudah dalam menemukan sparepart-nya.

3. Mengganti oli 
Agar motor matic kesayangan selalu awet, maka perhatikan jarak tempuh yang sudah Anda lalui menggunakan motor tersebut. Apabila sudah mencapai 2000 km, maka segera lakukan penggantian oli. Tujuannya adalah agar kinerja mesin tetap optimal dan tidak mudah rusak. Penggantian oli sebaiknya dilakukan setiap penggunaan jarak tempuh 2000 km.

4. Memeriksa komponen motor
Sebagai pengguna motor matic, Anda harus mengetahui beberapa bagian penting yang perlu sering dikontrol seperti klep, roller, V-belt, dan shock breaker. Beberapa komponen tersebut rentan mengalami kerusakan sewaktu-waktu sehingga pengecekan harus dilakukan agar dapat ditangani secara cepat. Khusus shock breaker, sebaiknya lakukan pengecekan setiap jarak tempuh mencapai 10.000 km.

Pentingnya memilih bengkel resmi ketika melakukan servis adalah untuk memastikan motor matic Anda mendapatkan sparepart yang resmi. Dengan begitu, kinerja motor pun tetap terjaga dan lebih awet. Selain itu, usahakan juga untuk tidak mengendarai motor matic secara sembrono, ugal-ugalan dan memaksa motor menempuh jarak jauh tanpa henti. Hal tersebut akan menurunkan performa motor.

0 comments:

Post a Comment