Cara Mengembangkan UMKM di Era Teknologi yang Berkembang Pesat

Teknologi semakin berkembang pesat dan belum ada kemungkinan untuk berhenti. Hal ini membuat masyarakat Indonesia harus mampu bersaing dalam berbagai hal. Salah satunya adalah bersaing dalam bidang bisnis. Ada banyak UMKM di Indonesia yang harus tahu bagaimana mengembangkan UMKM di era saat ini.

Tips Untuk Tetap Bisa Bersaing Pada Dunia Teknologi

UMKM adalah Usaha Mikro Kecil Menengah yang dibuat untuk mengelompokkan usaha baru yang dibuat oleh masyrakat di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan guna mengembangkan UMKM di era teknologi sekarang ini.

1. Promosi dan Pemasaran Secara Digital 
Era digital ini para UMKM ditantang untuk bisa melek dengan keadaan teknologi yang semakin canggih. Jika tidak, maka mau tidak mau UMKM akan kalah saing dengan produk dari luar. Tips pertama yang bisa dilakukan para UMKM untuk kembangkan bisnisnya adalah dengan mempromosikan barang secara digital.

Bukan hanya mempromosikan barang, namun tidak ada salahnya untuk mencoba memasarkan barang juga. Salah satu platform yang bisa dipilih adalah media sosial. Tanpa disadari perlahan-lahan akan banyak orang yang mengenal produk dari UMKM ini.

2. Penjualanan Produk Dengan E-Commerce
Selain dengan cara media sosial, UMKM juga bisa mengembangkan bisnisnya dengan menjadi salah satu penjual di e-commerce. E-commerce adalah sebuah wadah bagi para penjual yang didukung oleh sebuah perusahaan. Nantinya produk dari para UMKM akan dipasarkan secara online, serta pembelian dan pembayaran yang juga lewat online.

Hasil dari e-commerce ini sangat lah besar dan mampu membuat para UMKM tidak kalah saing dengan merek luar negeri yang sudah terlebih dulu menggunakan e-commerce. Menariknya, para pelanggan tidak dibuat susah dengan adanya e-commerce ini.

3. Mencari Ide Dengan Teknologi Untuk Meningkatkan Kualitas Produk
Terakhir untuk mengembangkan UMKM di era yang serba canggih ini adalah dengan meningkatkan kualitas produk. Meningkatkan kualitas produk mungkin tidak semudah dua cara diatas karena akan memakan biaya, tenaga serta ide yang lebih besar. Untuk mencari ide ini kamu bisa mencoba mencarinya dengan menggunakan internet loh.

Saat kualitas produk meningkat, maka akan semakin banyak pelanggan yang berminat untuk membeli produk dari para UMKM.

Dari ketiga cara diatas para UMKM tidak akan memakan banyak biaya, namun membutuhkan keinginan untuk mempelajari lebih jauh mengenai teknologi tersebut. Oleh karena itu, mengembangkan UMKM di era saat ini harus dimulai dengan melek atau sadar perkembangan teknologi.

0 comments:

Post a Comment