Pentingnya Memanaskan Mesin Kendaraan Walau Tidak Digunakan dalam Waktu Lama

Memanaskan mesin kendaraan tidak hanya saat akan digunakan saja tetapi juga saat kendaraan tidak akan digunakan dalam waktu lama. Hal tersebut penting karena memanaskan mesin merupakan salah satu dari perawatan rutin kendaraan. Tetapi perlu memperhatikan mengenai durasi pemanasan mesin kendaraan khususnya motor karena semakin lama justru tidak dianjurkan.

Perlunya Tetap Memanaskan Motor Walau Tidak Digunakan

Banyak yang mengatakan bahwa motor yang lama tidak dipanasi mesinnya maka akan mudah rusak, apakah benar? Secara umum, tujuan utama dari memanaskan mesin motor adalah agar pelumas dapat bekerja dengan optimal untuk melumasi komponen-komponen motor. Dengan begitu, motor tetap terjaga performanya sekalipun sedang tidak digunakan. Jadi, pertanyaan di awal memang benar adanya.

Hal tersebut juga berlaku pada motor yang hampir setiap hari digunakan. Sebelum ‘mengajaknya’ menyusuri jalan, sebaiknya panaskan mesin barang sejenak. Namun, proses pemanasannya jangan terlalu lama dan aturannya berbeda tergantung dari tipe motor. Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

• Pemanasan Mesin untuk Motor Injeksi
Apabila motor Anda termasuk dalam motor modern yang sudah menggunakan sistem injeksi, maka hanya perlu kurang lebih 1 hingga 3 menit saja untuk memanaskan mesin, tidak boleh lebih. Alasannya, motor dengan sistem injeksi sudah bekerja secara elektronik sehingga memang didesain untuk mampu menyesuaikan kebutuhan mesin. Dalam waktu singkat, mesin sudah siap secara maksimal untuk membuat performa motor lancar.

• Pemanasan Mesin untuk Motor Lama 
Khusus untuk mesin motor keluaran lama yang masih menggunakan karburator, proses pemanasan mesinnya membutuhkan waktu sekitar 5 menit dalam keadaan dingin, namun jangan sampai lebih dari itu. Selain itu, tidak disarankan untuk menarik gas saat awal-awal mesin hidup. Apabila dipanaskan terlalu lama maka akan berdampak buruk pada komponen motor lain seperti leher knalpot dan lampu motor. 

Tidak memerlukan banyak waktu untuk memanaskan mesin motor, bukan? Jadi, tidak ada alasan lagi untuk malas melakukannya. Walaupun Anda tidak menggunakan motor dalam beberapa hari, misalnya, maka tetap wajib memanaskan setiap harinya untuk menjaga performa motor. Dengan begitu, saat akan kembali digunakan motor sudah siap untuk digeber tanpa takut ada masalah pada mesin.

1 comments:

  1. SELAMAT HARI RAYA!!! Best entry ini :) done follow, follow me back.. thanks
    http://acuyuhan.blogspot.com/

    ReplyDelete